Sementara kita masih berusaha untuk menerima kematian Sushant Singh Rajput yang menyedihkan, media sosial telah dibanjiri pesan 'Aku di sini untukmu, bicaralah padaku'. Tiba-tiba muncul kesadaran bahwa depresi itu nyata, dan sudah saatnya kita berbicara tentang kondisi kesehatan mental. Meskipun ada daftar hal-hal yang dapat memicu depresi dan kecenderungan bunuh diri, 20% kasus bunuh diri di seluruh dunia disebabkan oleh pelecehan dan tekanan di tempat kerja. Berikut cara mencegah stres di tempat kerja agar hidup Anda lebih baik.
Berinteraksi dengan Atasan Anda
Untuk memiliki kehidupan kerja yang seimbang, Anda harus berbicara dengan atasan Anda tentang tantangan yang Anda hadapi di tempat kerja. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50% karyawan tidak mau terbuka tentang stres yang mereka alami kepada atasan mereka. Jalinlah hubungan yang baik dengan atasan Anda dan pastikan bahwa mereka menyadari kesulitan yang Anda hadapi sehingga mereka dapat membantu Anda mengatasi stres tersebut.
Keluar dari Meja Kerja Anda
Jangan sampai Anda terjebak dalam pekerjaan selama berjam-jam. Beristirahatlah sejenak di sela-sela pekerjaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma bunga segar dapat meningkatkan suasana hati dan relaksasi. Berjalan-jalan sebentar di alam di tengah jam kerja dapat membantu Anda menghilangkan stres dan melawan depresi. Tiga Puluh Persen Profesional yang Bekerja Mengalami Risiko Mental: Survei.
Dorong Diri Anda untuk Berpikir Positif
Anda mungkin menghadapi banyak kesulitan di tempat kerja, tetapi tetaplah bersikap positif. Pendekatan positif sangat penting untuk menjaga kompetensi Anda di tempat kerja. Berpikir positif juga akan menyingkirkan depresi, sehingga meniadakan kemungkinan kecenderungan bunuh diri. Tanda-tanda Kelelahan Kerja: Gejala Stres Terkait Pekerjaan dan Cara Mengatasinya.
Latihan di sela-sela Pekerjaan
Luangkan waktu selama jam kerja untuk berolahraga. Olahraga dapat berupa peregangan, atau aktivitas tangan bebas yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Melakukan aktivitas fisik di sela-sela pekerjaan juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
Membangun Hubungan
Dukungan hubungan saling percaya, di tempat kerja atau dengan keluarga dan teman adalah suatu keharusan. Memiliki ikatan yang kuat dapat membantu Anda mengatasi pikiran negatif dan stres. Tidak hanya itu, hubungan Anda juga bertindak sebagai sumber dorongan. Apakah Kecemasan Akibat COVID-19 Menyerang Anda? Berikut Cara Menggunakan Pola Makan untuk Meredakan Kekhawatiran dan Menurunkan Stres.
Jika Anda merasa terlalu stres, pastikan Anda beristirahat dan merencanakan liburan. Akan lebih baik jika Anda membebaskan pikiran Anda untuk beberapa saat dan bepergian membantu Anda mengatasi tekanan pekerjaan.
Tautan sumber